EDITORIAL ARTIKEL PASAR DAN KONSUMEN
TUGAS SOFTSKILL PRILAKU KONSUMEN
EDITORIAL ARTIKEL / PENULISAN
TEUKU BANTA ZIAUL HAFIS ( 18213854) 3EA24
TEMA : PASAR DAN KONSUMEN
EDITORIAL
1.
JUDUL :
Hak Hak Konsumen
Penulis
: Subagyo. Dari Pengurus Perhimpunan Advokat Indonesia
(PERADI)
Hak konsumen antara lain:
1) hak atas kenyamanan,
keamanan, dan keselamatan dalam mengkonsumsi barang dan/atau jasa;
2) hak untuk
memilih barang dan/atau jasa serta mendapatkan barang dan/atau jasa tersebut
sesuai dengan nilai tukar dan kondisi serta jaminan yang dijanjikan;
3) hak atas
informasi yang benar, jelas, dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang
dan/atau jasa;
4) hak untuk
didengar pendapat dan keluhannya atas barang dan/atau jasa yang digunakan;
5) hak untuk
mendapatkan advokasi, perlindungan, dan upaya penyelesaian sengketa
perlindungan konsumen secara patut;
6) hak untuk
mendapat pembinaan dan pendidikan konsumen;
7) hak untuk
diperlakukan atau dilayani secara benar dan jujur serta tidak diskriminatif;
8) hak untuk
mendapatkan kompensasi, ganti rugi dan/atau penggantian, apabila barang
dan/atau jasa yang diterima tidak sesuai dengan perjanjian atau
tidak sebagaimana mestinya;
9) hak-hak yang
diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan lainnya.
Makna
Tulisan :
konsumen
memiliki banyak hak hak yang harus di dengar di pertanggung jawabkan oleh pihak
produsen... pada dasarnya konsumen di sini bisa memprotes segala sesuatu yang
di anggap tidak sesuai dengan apa yang i janjiikan oleh pihak penjual /
produsen atas barang atau jasa yang telah di beli oleh konsumen.... dan hak hak tersebut di lindungi atas dasar
hukum di UU RI oleh karena itu jika ada
sesuatu yang di rasa merugikan konsumen bisa menuntut hak haknya...
EDITORIAL
2.
JUDUL :
Revitalisasi pasar tradisional
Penulis
: Kisar Rajaguguk. (Editorial Media Indonesia)
Dewasa ini
masyarakat kian tidak tertarik untuk ke
pasar tradisional.. alasan utama adalah tempat yang jauh dari kata nyaman dan
faktor ke amanan.. walaupun dengan harga yang murah namun tetep saja sudah
banyak yang lebih senang belanja di pasar modern atau super market.. oleh
karena itu pemerintah di harap untuk memperhatikan masalah ini karena pasar
merupakan hal yang penting untuk mendorong roda ekonomi
Pasar
modern menawarkan harga yang hampir sama dengan kebersihan dan kerapihan tata
pasarnya.. dan mini market menawarkan diskon dengan tempat yang nyaman bersih
dan aman.... pada dasarnya pasar tradisional tetap di lirik namu di khawatirkan akan terus
menurun.. oleh karena itu revitalisasi sangat di butuhkan baik aspek kebersihan
tata tempat dan keamanan serta kenyamanan... adalah hal hal utama yang harus
segera di perbaiki...
Makna Tulisan :
Pasar
tradisional yang di anggap sebagai salah
satu pengerak roda ekonomi mikro dan
masyarakat menengah kebawah mulai sepi banyak faktor yang mebuat sepi
dan masalah utama adalah kenyamanan dan kemanan yang masih sangat jauh dari
kata layak.. oleh karena itu faktor yang harus di ubah adalah 1. KENYAMANAN
2.KEAMANAN dan 3.TATA LETAK
Komentar
Posting Komentar