EDITORIAL ARTIKEL PASAR DAN KONSUMEN

TUGAS SOFTSKILL PRILAKU KONSUMEN
EDITORIAL ARTIKEL / PENULISAN
TEUKU BANTA ZIAUL HAFIS ( 18213854) 3EA24

TEMA  : PASAR DAN KONSUMEN

EDITORIAL 1.
JUDUL : Hak Hak Konsumen
Penulis : Subagyo. Dari  Pengurus Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI)
Hak konsumen antara lain:

1)    hak atas kenyamanan, keamanan, dan keselamatan dalam mengkonsumsi barang dan/atau jasa;

2)    hak untuk memilih barang dan/atau jasa serta mendapatkan barang dan/atau jasa tersebut sesuai dengan nilai tukar dan kondisi serta jaminan yang dijanjikan;

3)    hak atas informasi yang benar, jelas, dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang dan/atau jasa;

4)    hak untuk didengar pendapat dan keluhannya atas barang dan/atau jasa yang digunakan;

5)    hak untuk mendapatkan advokasi, perlindungan, dan upaya penyelesaian sengketa perlindungan konsumen secara patut;

6)    hak untuk mendapat pembinaan dan pendidikan konsumen;

7)    hak untuk diperlakukan atau dilayani secara benar dan jujur serta tidak diskriminatif;

8)    hak untuk mendapatkan kompensasi, ganti rugi dan/atau penggantian, apabila barang dan/atau  jasa yang diterima tidak sesuai dengan perjanjian atau tidak sebagaimana mestinya;

9)    hak-hak yang diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan lainnya.


Makna Tulisan :
 konsumen memiliki banyak hak hak yang harus di dengar di pertanggung jawabkan oleh pihak produsen... pada dasarnya konsumen di sini bisa memprotes segala sesuatu yang di anggap tidak sesuai dengan apa yang i janjiikan oleh pihak penjual / produsen atas barang atau jasa yang telah di beli oleh konsumen....  dan hak hak tersebut di lindungi atas dasar hukum di UU RI  oleh karena itu jika ada sesuatu yang di rasa merugikan konsumen bisa menuntut hak haknya...






EDITORIAL 2.
JUDUL : Revitalisasi pasar tradisional
Penulis : Kisar Rajaguguk. (Editorial Media Indonesia)

Dewasa ini  masyarakat kian tidak tertarik untuk ke pasar tradisional.. alasan utama adalah tempat yang jauh dari kata nyaman dan faktor ke amanan.. walaupun dengan harga yang murah namun tetep saja sudah banyak yang lebih senang belanja di pasar modern atau super market.. oleh karena itu pemerintah di harap untuk memperhatikan masalah ini karena pasar merupakan hal yang penting untuk mendorong roda ekonomi

Pasar modern menawarkan harga yang hampir sama dengan kebersihan dan kerapihan tata pasarnya.. dan mini market menawarkan diskon dengan tempat yang nyaman bersih dan aman.... pada dasarnya pasar tradisional tetap  di lirik namu di khawatirkan akan terus menurun.. oleh karena itu revitalisasi sangat di butuhkan baik aspek kebersihan tata tempat dan keamanan serta kenyamanan... adalah hal hal utama yang harus segera di perbaiki...



Makna Tulisan :

Pasar tradisional  yang di anggap sebagai salah satu pengerak roda ekonomi mikro dan  masyarakat menengah kebawah mulai sepi banyak faktor yang mebuat sepi dan masalah utama adalah kenyamanan dan kemanan yang masih sangat jauh dari kata layak.. oleh karena itu faktor yang harus di ubah adalah 1. KENYAMANAN 2.KEAMANAN   dan 3.TATA LETAK

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS EKONOMI BISNIS #2

BAB 8 MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP

TUGAS 1. Jokowi Approves Thresholds for Online Taxi Tariffs with Condition