TUGAS Rangkuman Bab II dan materi Bab I

NAMA  : TEUKU BANTA ZIAUL HAFIS 
KLS      : 1EA30

IBD ( ILMU BUDAYA DASAR )


BAB 1 TINJAUN TENTANG ILMU BUDAYA DASAR


Mata kuliah ilmu budaya dasar adalah salah satu mata kuliah yang membicarakan tentang nilai – nilai  kebudayaan dan masalah yang di hadapi manusia dalam kehidupan sehari – hari. Hal ini di rasa perlu karena banayak dari lulusan PTA kita di negeri ini hanya spesialis pada bidangnya dan mengesampingkan semua selain itu. Ini di maksudkan bukan untuk ikut campur di jurusan lain tapi untuk menanmbah wawasan dan agar memiliki bahan pembicaraan yang sama.
Adanya kesamaan ini di harapkan agar  interelasi antara intelektuil kita lebih menjadi lebih sering  dan dapat menyebabkan sesuatu yang positif pada pembangunan negara kita dan perbaikan pada bidang pendidikan khususnya.                                                                             Kelencaran komunikasi ini diharapkan akan memperlancar pembangunan yang di laksanakan oleh cendikiawan2 dari berbagai spesialis  bidang yang berbeda lebih komunikatif dan efesien dalam pelaksanaannya. Dan juga berharap agar para lulusan PTA yang telah mempelajari IBD ini dapat mendukung dan mengembangkan budaya sendiri secara inovatif dan kreatif

Jadi secara singkat dapat di katakan bahwa setelah mempelajari IBD ini di harapkan mahasiwa diharapkan memperlihatkan 

~  Minat menyelidiki apa 2 yang terjadi di sekitarnya
~ Kesadaran pola2 yang di anutnya  serta hub nilai2 ini dengan cara hidupnya sehari2
~ Keberanian moral untuk mempertahankan nilai2 yang sudah bisa di terimanya dan lain - lain

Pengertian IBD

IBD adalah Pengetahuan yang di harapkan dapat memberikan pengetahuan dasar tentang pengertian dasar dan pengertian umum tentang konsep mengkaji masalah – masalah manusia dan kebudayaan.

Tujuan IBD


Salah satu usaha untuk memperluas wawasan pemikiran serta kemampuan kritikalnya terhadap nilai2 budaya baik menyangkut orang lain lingkungan dan termasuk dirinya sendiri

 BAB 2 MANUSIA DAN KEBUDAYAAN


Manusia dan kebudayaan adalah hal yang sangat terkait satu dengan yang lainya.
    A.Manusia
Manusia dalam kehidupan ini memiliki peran unik dan tergantung kita melihatnya dari mana contohnya : manusia tidak dapat berdiri sendiri  ( Sosiolis ).  manusia  makhluk yang mencari keuntungan  ( Ekonomi ). Manusia sebagai makhluk yang ingin memiliki kekuasaan ( Politik ) dan manusia sebagai mamalia dalam segi  ( Biologis )

Jadi manusia bisa di nilai dari beberapa pandangan tergantung dari mana kita melihatnya. Aada dua acuan untuk mempersempit pandangan membangun manusia yaitu :

 
    Manusia terdiri dari empat unsur terkait , yaitu
     a .  Jasad , yaitu badan kasar manusia , tubuh manusia dari bagian atas kepala sampai bagian bawah kaki yang Nampak pada luar nya dan dapat diraba dan dilihat
     b.  Hayat , yaitu mengandung unsur hidup , yang ditandai dengan gerak
    c.   Ruh , yaitu bimbingan dan pimpinan Tuhan , daya yang bekerja secara spiritual dan  memahami kebenaran , suatu kemampuan mencipta yang bersifat konseptual yang menjadi pusat lahirnya kebudayaan
    d.   Nafas , yaitu dalam pengertian diri atau keakuan , yaitu kesadaran tentang diri sendiri
    2)   Manusia sebagai satu kepribadian mengandung tiga unsur yaitu :
a.  Id , yang merupakan struktur kepribadian yang paling tidak Nampak
b. Ego , merupakan bagian atau struktur kepribadian yang pertama kali dibedakan dari Id, seringkali disebut sebagai kepribadian
c. Superego , merupakan struktur kepribadian yang paling akhir , superego muncul dari dampak lingkungan sekitarnya

                                                            
B. HAKEKAT MANUSIA

~ Makhluk ciptaan tuhan yang terdiri dari   Tubuh dan jiwa sebagai satu kesatuan yang utuh.
Tubuh adalah materi kongkrit yang dapat di lihat,  di rasa, di raba, dan di sentuh,  tetapi tidak abadi jika manusia itu meninggal maka tubuhnya akan hancur dan lenyap. Sedangkan jiwa sifatnya lebih abstrak tidak dapat di lihat di rasa atau di raba namun sifatnya abadi, jika manusia itu mati maka jiwa atau rohnya akan kembali yaitu kepada tuhan yang maha esa  dan juga roh sebagai pengerak dan sumber kehidupan 

~  Makhluk ciptaan tuhan yang paling sempurna
Manusia di anggap paling sempurna karena memiliki akal pikiran dan perasaaan yang bias menciptakan budaya dan  teknologi. Adanya nilai baik dan buruk memaksa manusia untuk memilah2 tindakan yang akan di lakukannya.Adanya nilai baik dan buruk memaksa manusia untuk memilah2 tindakan yang akan di lakukannya. Dan di tambah dengan adanya perassan yang menghasilkan kebudayaan dalam diri manusia ada dua macam perasaan yaitu perasan indrawi dan rohani. Perasaan indrawi adalah perasaan yang di lakukan atau di rasakan dengan panca Indra yang tingkatnya rendah yang terdapapat pada manusia dan hewan. Sedangkan rohani adalah perasaan luhur yang hanya terdapat manusia contohnya :

1)Perasaan intelektual: Perasaan yang berkenaan dengan pengetahuan.
2)Perasaan estetis: Perasaaan yang berkenan dengan keindahan
3)Perasaan etis: Perasaan yang berkenaan dengan kebaikan
4)Perasaaan diri: Perassan yang berkenan dengan harga diri karena ada kelebihan dari yang lain
5)Perasaan sosial: Perasaan yng berkenan dengan kelompo atau korp atau hidup bermasyarakat, ikut merasakan kehidupan orang lain.
6)Perasaaan Religius: Perasaan yan berkenaan dengan agama atau kepercayaan
-Mahluk Biokultural,yaitu mahluk hayati yang budayawi
-Manusia adalah produk dari saling tindak atau interaksi factor-faktor hayati dan budayawi
Mahluk ciptaan tuhan yang terikat dengan lingkungan(ekologi), mempunyai kualitas dan martabat karena kemampuan bekerja dan berkarya.

 C.Kepribadian Bangsa Timur

 Francis L.K Hsu, sarjana Amerika keturunan Cina yang mengkombinasikan dalam dalam dirinya keahlian di dalam ilmu antropologi, ilmu psikologi, ilmu filsafat dan kesusastraan cina klasik.
Ilmu psikologi yang memang berasal dan timbul dalam masyarakat Barat, dimana konsep individu itu mengambil tempat yang amat penting. Biasanya menganalisis jiwa manusia dengan terlampaui banyak menekan kepada pembatasan konsep individu sebagai kesatuan analisis tersendiri.
Untuk menghindari pendekatan terhadap jiwa manusia itu, hanya sebagai subyek yang terkandung dlam batas individu yang terisolasi, maka Hsu telah mengembangkan suatu konsepsi, bahwa dalam jiwa manusia sebagai makhluk sosial budaya itu mengandung delapan daerah yang seolah-olah seperti lingkaran-lingkaran konsentris sekitar dan pribadi.

Nomor 7 dan nomor D disebut daerah tak sadar dan sub sadar. Kedua lingkaran itu berada di daerah pedalaman dari alam jiwa individu dan terdiri dari bahan pikiran dan gagasan yang telah terdesak ke dalam.
Nomor 5 disebut kesadaran yang tak dinyatakan (unexpressed conscious). Lingkaran it terdiri dari pikiran-pikiran dan gagasan-gagasan yang disadari oleh si individu yang bersangkutan,tetapi disimpannya saja di dalam alam jiwanya sendiri dan tak dinyatakan kepada siapapun juga dalam lingkungannya. Hal itu disebabkan ada kemungkinan, bahwa :
a)       Ia takut salah dan takut dimarahi orang apabila ia menyatakannya, atau karena ia punya maksud jahat.
b)      Ia sungkan menyatakannya, atau karena belum yakin bahwa ia akan mendapat respons dan pengertian yang baik dari sesamanya, atau takut bahwa walaupun diberi respons, respons itu sebenarnya tak diberikkan dengan hati yang ikhlas atau juga karena ia takut ditolak mentah-mentah.
c)       Ia malu karena taku ditertawakan, atau karena ada perasaan bersalah yang mendalam.
d)      Ia tidak bisa menemukan kata-kata atau perumusan yang cocok untuk menyatakan gagasan yang bersangkutan tadi kepada sesamanya.

Nomor 4 disebut kesadaran yang dinyatakan (expressed conscious). Lingkaran ini di dalam alam jiwa manusia mengandung pikiran-pikiran, gagasan-gagasan, dan perasaan-perasaan yang dapat dinyatakan secara terbuka oleh si individu kepada sesamanya.
Nomor 3 disebut lingkaran hubungan karib, mengandung konsepsi tentang orang-orang, binatang-binatang, atau benda-benda yang oleh si individu diajak bergaul secara mesra dan karib, yang bisa dipakai sebagai tempat berlindung dan tempat mencurahkan isi hati apabila ia sedang terkena tekanan batin atau dikejar-kejar oleh kesedihan dan oleh masalah-masalah hidup yang menyulitkan.
Nomor 2 disebut lingkungan hubungan berguna, tidak lagi ditandai oleh sikap sayang dan mesra, melainkan ditentukan oleh fungsi kegunaan dari orang, binatang atau benda-benda itu bagi dirinya.
Nomor 1 disebut lingkaran hubungan jauh, terdiri dari pikiran dan sikap dalam alam jiwa manusia tentang manusia, benda-benda, alat-alat, pengetahuan dan adat yang ada dalam kebudayaan dan masyarakat sendiri, tetapi yang jarang sekali mempunyai arti dan pengaruh langsung terhadap kehidupan sehari-hari.
Nomor 0 disebut lingkungan dunia luar, terdiri dari pikiran-pikiran dan anggapan-anggapan yang hampir sama dengan pikiran yang terletak dalam lingkungan nomor 1, hanya bedanya terdiri dari pikiran-pikiran dan anggapan-anggapan tentang orang dan hal yang terletak di luar masyarakat dan negara Indonesia, dan ditanggapi oleh individu bersangkutan dengan sikap masa bodoh
                            







sumber gambar : http://danielnathanlelouch.blogspot.com/2013/03/tugas-ilmu-budaya-dasar-manusia.html




D.   PENGERTIAN KEBUDAYAAN

Melville J. Herkovits dan Bronislaw Malinowski mengemukakan bahwa Cultural Determinism berarti segala sesuatu yang terdapat di dalam masyarakat ditentukkan adanya oleh kebudayaan yang dimiliki masyarakat itu.
Herkovis memandang kebudayaan sebagai sesuatu yang superorganic, karena kebudayaan yang turun temurun dari generasi ke generasi hidup terus.
Dalam sehari-hari istilah kebudayaan sering diartikan sama dengan kesenian, terutama seni suara dan seni tari.
Kebudayaan dari bahasa sansekerta berasal dari kata budhayah yang berarti budi atau akal. Dalam bahasa latin, kebudayaan berasal dari kata colere, yang berarti mengolah tanah. Jadi secara umum dapat diartikan sebagai “segala sesuatu yang dihasilkan oleh akal budi (pikiran) manusia dengan tujuan untuk mengolah tanah atau tempat tinggalnya, atau dapat pula diartikan segala usaha manusia untuk dapat melangsungkan dan mempertahankan hidupnya di dalam lingkungannya.”.
E.B.Tylor (1871) mendefinisikan bahwa kebudayaan adalah kompleks yang mencakup pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat dan kemampuan-kemampuan sebagai anggota masyarakat.
Selo Sumarjan dan Soelaeman Soemardi merumuskan kebudayaan sebagai semua hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.
Sutan Takdir Alisyahbana mengatakan bahwa kebudayaan adalah manifestasi dari cara berpikir.

E.    UNSUR-UNSUR KEBUDAYAAN

Melville J. Herkovits mengajukan pendapatnya tentang unsur kebudayaan menmpunyai empat unsur, yaitu alat-alat teknologi, sistem ekonomi, keluarga dan kekuatan politik. Sedangkan Broinslaw Malinowski mengatakan unsur-unsur itu terdiri dari sistem norma, organisasi ekonomi, alat-alat atau lembaga ataupun petugas pendidikan, dan organisasi kekuatan.
C.Kluckhohn dalam karyanya berjudul Universal Categories of Culture mengemukakan ada tujuh kebudayaan universal,yaitu :
1. Sistem Religi (sistem kepercayaan)
2. Sistem Organisasi Kemasyarakatan
3. Sistem Pengetahuan
4. Sistem mata pencaharian hidup dan sistem-sistem ekonomi
5. Sistem Teknologi dan Peralatan
6. Bahasa
7. Kesenian.

F.    WUJUD KEBUDAYAAN

Menurut dimensi wujudnya, kebudayaan mempunyai tiga wujud yaitu,
1.         Kompleks gagasan, konsep, dan pikiran manusia.
2.         Kompleks aktivitas.
3.         Wujud sebagai benda.

G.    ORIENTASI NILAI BUDAYA

Menurut C.Kluckhohn dalam karyanya Variation in Value Orientation (1961) sistem nilai budaya dalam semua kebudayaan di dunia, secara universal menyangkut lima masalah pokok kehidupan manusia, yaitu :
1.         Hakekat hidup manusia (MH)
2.         Hakekat karya manusia (MK)
3.         Hakekat waktu manusia (WM)
4.         Hakekat alam manusia (MA)
 5.         Hakekat hubungan manusia (MN)







SUMBER MATERI  : E book gunadarma semester ganjil

referensi gambar dari : danielnathanlelouch .blogspot. com 

  
KALO BERMANFAAT TOLONG YA DI POST KOMENTNYA
GK SALAH KOK MENINGGALKAN KOMENTAR DAN MEMBANTU BLOG INI LEBIH BERKEMBANG THX BY  ADMIN : Teuku BZ Hafis


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS EKONOMI BISNIS #2

BAB 8 MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP

TUGAS 1. Jokowi Approves Thresholds for Online Taxi Tariffs with Condition